Kenali 5 Vitamin yang Dibutuhkan untuk Kesehatan Kulit

Menjaga kesehatan kulit harus dilakukan baik dari luar maupun dalam. Meskipun Anda menggunakan berbagai produk kesehatan kulit seperti kalung gelang Arsakha untuk menjaga dan merawat kulit, Anda harus tetap memenuhi nutrisi kulit dari dalam, salah satunya dengan mencukupi kebutuhan vitamin yang bisa Anda dapatkan dari makanan. Karena beberapa vitamin ternyata memiliki peranan dalam menjaga kesehatan kulit.

Berikut vitamin-vitamin yang sangat penting untuk kesehatan kulit.

Vitamin A
Bagi kulit, vitamin A berfungsi sebagai pendukung dalam memelihara dan memperbaiki jaringan kulit. Kekurangan vitamin A dalam tubuh dapat menyebabkan gangguan kulit seperti kulit kering atau kulit bersisik.
Contoh makanan: semangka, tomat, pisang, ubi, bayam, daun katuk, sawi, keju, wortel dan daun pepaya.

Vitamin B
Vitamin B, terutama antioksidan yang berasal dari vitamin B6, bisa memberikan perlindungan bagi kulit dari kerusakan akibat cahaya matahari dan kondisi kulit keriput. Kulit kering dan gatal adalah salah satu tanda bahwa tubuh Anda kekurangan vitamin B.
Contoh makanan: taoge dan serealia.

Vitamin C
Vitamin C penting bagi kulit karena mampu melawan efek buruk paparan sinar matahari. Kandungan antioksidan di dalamnya mampu melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, asap, dan polusi. Tanpa perlawanan antioksidan, radikal bebas dapat leluasa menghancurkan kolagen dan elastin sehingga kulit menjadi cepat keriput hingga mengalami penuaan dini.
Contoh makanan: daun singkong, jambu, bayam, tomat masak, pepaya, mangga, kedondong, nenas, jeruk.

Vitamin D
Meskipun terkenal baik untuk tulang, ternyata vitamin D juga memiliki efek positif dalam pengobatan psoriasis. Vitamin D3, versi buatan manusia berupa calcitrol, efektif dalam membantu mengobati pasien psoriasis. Calcitrol membantu pasien dengan gangguan autoimun pada kulit dengan cara mengurangi peradangan dan iritasi.
Contoh makanan: susu, kuning telur, telur utuh, minyak hati ikan, susu, keju, yoghurt.

Vitamin E
Kandungan antiokasidan dalam vitamin E membantu mengurangi efek berbahaya dari paparan sinar matahari. Antioksidan juga penting dalam mengurangi risiko terkena kanker. Selain itu, vitamin E juga berperan dalam mengurangi keriput dan membantu kulit terasa halus.
Contoh makanan: jagung, kacang kedelai, kacang tanah, kelapa sawit, minyak zaitun.

0 Response to "Kenali 5 Vitamin yang Dibutuhkan untuk Kesehatan Kulit"

Post a Comment