7 Gerakan Fitnes Agar Berat Badan Ideal

Memiliki postur tubuh yang ideal merupakan impian setiap orang, khususnya kaum hawa. Untuk mendapatkan berat badan ideal tidaklah mudah, tetapi jika kita mau konsisten berusaha, hal tersebut tidaklah mustahil. Di antara banyaknya upaya yang dilakukan untuk membentuk tubuh ideal, beberapa orang memilih untuk melakukan hal ekstrim hingga menyakiti diri sendiri. Mulai dari diet ketat hingga operasi sedot lemak.

Padahal banyak juga cara alami dan simple untuk mewujudkan cita-cita kaum hawa itu, seperti merubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Dimulai dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan gizi dan berolahraga secara teratur. Beragam jenis olahraga pun dapat kamu lakukan, seperti jogging, bersepeda, renang, yoga, hingga melakukan gerakan fitness yang dapat membuat bentuk tubuhmu menjadi ideal seperti :

1. Sit Up/ Chrunches

Gerakan sit up dilakukan dalam posisi berbaring, lutut ditekuk dengan ujung kaki menapak ke lantai dan posisi tangan di samping telinga atau di depan dada. Dengan kekuatan otot perut, tubuh bagian atas diangkat ke atas sehingga bergerak mendekati lutut. Sedangkan crunches hampir mirip dengan sit up hanya beda rentang gerakannya lebih sempit dan kaki tidak menapak ke lantai melainkan diangkat bersama-sama dengan tubuh bagian atas.

2. Forearm & Biceps

Gelambir di tangan tentu membuatmu menjadi tidak percaya diri. Maka dari itu, kamu perlu melatih otot bagian lengan atau yang terkenal dengan biceps. Tidak kalah penting yaitu forearms atau otot lengan bagian bawah. Caranya dengan melakukan repetisi mengangkat dumbbell ke atas dan ke bawah.

3. Kegel

Latihan kegel dapat dilakukan sambil berbaring, kedua tangan dibiarkan di bawah sambil mengangkat panggul ke atas dan mengulangi kegiatan ini hingga beberapa repetisi.

4. Hula Twist

Wilayah pinggul sering menjadi momok, khususnya bagi wanita karena kerap menimbulkan masalah. Penumpukan lemak yang melebar dianggap mengurangi daya tarik penampilan seseorang. Gerakan hula twist ini berguna untuk mengurangi lemak pada bagian pinggul dan membuat bentuk tubuh menjadi ideal.

5. Bridge

Bridge merupakan gerakan tidur telentangdi lantai, menekuk kedua lutut dengan telapak kaki menyentuh lantai. Jarak antar kaki pun diatur sedikit lebih lebar dari pinggul. Ada baiknya meletakan bola plastik atau karet berukuran sedang di atas paha untuk menjaga panggul dan tulang belakang pada posisi normal. Gerakan ini berfungsi untuk otot bokong dan paha bagian belakang.

6. Leg Biceps

Leg biceps merupakan latihan otot kaki bagian bawah. Leg biceps dapat dilakukan dengan tengkurap sambil meletakan beban pada betis yang diayunkan ke atas dan ke bawah. Fungsinya adalah menguatkan otot kaki. Jika otot kaki kuat, maka olahraga seperti lari atau bersepeda pun akan terasa mudah.

7. Push Up

Push up merupakan gerakan atau latihan fitness yang menggunakan tubuh sebagai beban. Push up yang benar dapat melatih otot lengan, tangan, dan perut. Pushup terdiri dari push up dinding, push up lutut,dan push up sempurna yang tumpuannya terletak pada jari-jari kaki dan telapak tangan.

Beberapa latihan di atas dapat kamu lakukan sendiri di rumah dengan menggunakan satu alat yaitu Body Fit Muscle Trainer. Untuk kamu yang suka melatih otot, kini kamu tidak perlu lagi repot-repot datang ke gym yang dapat menguras kantong. Kini kamu dapat memiliki tubuh yang sehat, otot yang kuat, dan membakar lemak dengan maksimal hanya dengan satu alat yang setara dengan penggunaan berbagai alat fitness.

Ini Dia Cara Memilih Sepatu Lari yang Tepat untuk Wanita

Bagi yang menggemari olahraga lari, sepatu pastinya jadi perlengkapan utama yang sangat kamu perhatikan, terutama soal kenyamanannya. Untungnya, kini ada berbagai jenis sepatu lari dengan keunggulan dan spesifikasi yang telah disesuaikan dengan kebutuhan si pemakai, termasuk membedakan antara kebutuhan sepatu lari pria dan perempuan.

Ada 4 hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih sepatu:

1. Bentuk Kaki
Bentuk dan cara melangkah pada pria dan perempuan ternyata berbeda, lho. Sehingga diperlukan sepatu lari khusus yang berbeda antara pria dan perempuan.

910 Nt Lite Fly yang dirancang secara khusus untuk menyesuaikan bentuk unik dari kaki perempuan. Memiliki fitur lengkungan adaptif (Adaptive Arch) serta terbuat dari bahan Primeknit, sehingga dapat beradaptasi dengan mudah terhadap bentuk kaki yang berubah saat berlari.

2. Berat Badan
Jika kamu memiliki berat badan yang cenderung besar, coba pilih sepatu dengan tumpuan tumit yang kuat untuk membantu stabilitas tubuh, serta sol sepatu yang tidak terlalu menekan dan responsif.

Teknologi 910 pada sol diciptakan untuk kenyamanan yang sangat responsif serta bantalan yang menyimpan dan mengembalikan energi dalam setiap langkah.

3. Permukaan Medan Lari

Bagi para perempuan yang menyukai urban running, Continental Rubber dengan jaring merenggang empat arah pada sol bagian luar 910 Nt Lite Fly akan memberi traksi yang baik untuk berlari di perkotaan, dalam kondisi apapun.

4. Jarak Lari
Dalam jarak lari menengah hingga jauh, sebaiknya sepatu yang digunakan memiliki bantalan ringan dan dapat mengikuti bentuk kaki.

Dalam hal ini, 910 Nt Lite Fly yang terbuat dari bahan Primeknit dapat memberikan dukungan tambahan, kenyamanan serta rentangan adaptif yang mengikuti bentuk kaki perempuan.

Jadi, adidas 910 Nt Lite Fly sudah pasti jadi pilihan yang nyaman dan cocok untuk berbagai tingkatan pelari, baik itu yang baru memulai, yang sudah terbiasa hingga yang profesional.

Selain berbagai fiturnya yang dapat menunjang performa berlari, sepatu ini juga memiliki desain yang sangat stylish, sehingga kamu bisa tetap memakainya bahkan setelah latihan.

910 Nt Lite Fly harga hanya Rp.229.900,- secara ekslusif dijual di situs online Matrixshop.co.id.

Pahami 4 Penyebab Tersering Nyeri Lutut

Nyeri lutut bisa dialami siapa saja, mulai dari anak-anak sampai orang yang kesehatannya prima seperti olahragawan.

Kebanyakan keluhan nyeri lutut bersifat ringan dan hanya disebabkan karena otot-otot di sekitar lutut dan paha kurang dilatih, tetapi pada sebagian orang nyeri lutut bisa bersifat kronik dan menghambat gerak.

Berikut adalah penyebab tersering nyeri lutut :

1. Cidera
Nyeri lutut akibat cidera umumnya terjadi karena adanya masalah pada komponen penyangga lutut, seperti ligamen, tendon, tulang rawan, dan kantong cairan sendi.

Cidera atau robekan pada ligamen akan menyebabkan stabilisasi sendi terganggu sehingga lutut terasa nyeri. Cidera juga bisa terjadi karena terlalu banyak digunakan atau tegang pada otot lutut.

2. Masalah mekanis
Salah satu gangguan mekanis yang memicu terjadinya nyeri lutut adalah iliotibal band syndrome (ITBS). Sindrom ini paling banyak terjadi pada pelari atau pemain bola.

Awalnya, gejala ini mereda setelah selesai berlari tapi akan muncul kembali dalam latihan berikutnya. Nyeri ini bisa meningkat ke titik saat melakukan aktivitas sehari-hari seperti berjalan atau naik turun tangga.

3. Rusaknya menisci
Menisci adalah lapisan tipis tulang rawan yang berbentuk mirip bulan sabit atau cakram. Jaringan ikat ini menyerap sebagian besar tekanan pada anggota gerak bawah, namun dapat robek jika terjadi tekanan yang terlalu kuat pada lutut.

4. Peradangan
Peradangan bisa terjadi pada tulang rawan (osteoartritis), tendon, reumatoid artritis, atau gout (asam urat). Gejalanya antara lain lutut kemerahan, bengkak, dan terasa hangat. Rasa nyeri juga akan bertambah jika lutut digerakkan, dan terjadi kekakuan.

Penanganan nyeri lutut disesuaikan dengan penyebabnya dan juga berat ringannya nyeri. Untuk nyeri akibat cidera, penanganan pertama adalah dengan RICE atau mengistirahatkan sendi, kompres es, bagian yang sakit dibebat, dan menaikkan kaki.

Beberapa alat bantu seperti Jeido Power Knee, straps, atau menggunakan tongkat, juga dapat membantu penyembuhan nyeri lutut derajat ringan.

Sementara itu, untuk kasus yang berat, dokter mungkin menganjurkan dilakukan penyuntikan steroid ke sendi lutut. Dibanding obat oral atau obat antinyeri, suntikan steroid bersifat lokal ke titik nyerinya.

Selain dengan pengobatan, setelah nyeri berkurang pasien diharuskan melakukan latihan fisik untuk memperkuat otot-otot paha dan sekitar lutut.

Fungsi dari rehabilitasi medik adalah mengembalikan fungsi otot senormal mungkin dan memperkuat jaringan penyangga.

Kita bisa menjaga kesehatan lutut sedini mungkin, misalnya dengan cara menjaga agar tidak kelebihan berat badan yang dapat membuat beban lutut semakin berat, selalu melakukan pemanasan untuk mencegah cidera olahraga, serta aktif bergerak agar otot-otot tubuh kuat.

Kenali 5 Vitamin yang Dibutuhkan untuk Kesehatan Kulit

Menjaga kesehatan kulit harus dilakukan baik dari luar maupun dalam. Meskipun Anda menggunakan berbagai produk kesehatan kulit seperti kalung gelang Arsakha untuk menjaga dan merawat kulit, Anda harus tetap memenuhi nutrisi kulit dari dalam, salah satunya dengan mencukupi kebutuhan vitamin yang bisa Anda dapatkan dari makanan. Karena beberapa vitamin ternyata memiliki peranan dalam menjaga kesehatan kulit.

Berikut vitamin-vitamin yang sangat penting untuk kesehatan kulit.

Vitamin A
Bagi kulit, vitamin A berfungsi sebagai pendukung dalam memelihara dan memperbaiki jaringan kulit. Kekurangan vitamin A dalam tubuh dapat menyebabkan gangguan kulit seperti kulit kering atau kulit bersisik.
Contoh makanan: semangka, tomat, pisang, ubi, bayam, daun katuk, sawi, keju, wortel dan daun pepaya.

Vitamin B
Vitamin B, terutama antioksidan yang berasal dari vitamin B6, bisa memberikan perlindungan bagi kulit dari kerusakan akibat cahaya matahari dan kondisi kulit keriput. Kulit kering dan gatal adalah salah satu tanda bahwa tubuh Anda kekurangan vitamin B.
Contoh makanan: taoge dan serealia.

Vitamin C
Vitamin C penting bagi kulit karena mampu melawan efek buruk paparan sinar matahari. Kandungan antioksidan di dalamnya mampu melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, asap, dan polusi. Tanpa perlawanan antioksidan, radikal bebas dapat leluasa menghancurkan kolagen dan elastin sehingga kulit menjadi cepat keriput hingga mengalami penuaan dini.
Contoh makanan: daun singkong, jambu, bayam, tomat masak, pepaya, mangga, kedondong, nenas, jeruk.

Vitamin D
Meskipun terkenal baik untuk tulang, ternyata vitamin D juga memiliki efek positif dalam pengobatan psoriasis. Vitamin D3, versi buatan manusia berupa calcitrol, efektif dalam membantu mengobati pasien psoriasis. Calcitrol membantu pasien dengan gangguan autoimun pada kulit dengan cara mengurangi peradangan dan iritasi.
Contoh makanan: susu, kuning telur, telur utuh, minyak hati ikan, susu, keju, yoghurt.

Vitamin E
Kandungan antiokasidan dalam vitamin E membantu mengurangi efek berbahaya dari paparan sinar matahari. Antioksidan juga penting dalam mengurangi risiko terkena kanker. Selain itu, vitamin E juga berperan dalam mengurangi keriput dan membantu kulit terasa halus.
Contoh makanan: jagung, kacang kedelai, kacang tanah, kelapa sawit, minyak zaitun.

Pahami 6 Gejala Awal Serangan Jantung pada Wanita

Serangan jantung masih menjadi salah satu penyakit penyebab kematian tertinggi di seluruh dunia. Berbeda dengan pria, serangan jantung pada wanita seringkali tidak disertai gejala nyeri dada. Hal tersebutlah yang seringkali membuat penderita serangan jantung wanita tidak dapat diselamatkan.

Agar hal tersebut tidak terjadi, Anda sebaiknya mengetahui gejala awal serangan jantung yang sering terjadi pada wanita.

1. Pusing
Sebagian besar serangan jantung memang tidak akan membuat Anda pingsan tiba-tiba. Namun seringkali dapat memotong aliran darah yang membawa oksigen ke jantung dan otak, sehingga menyebabkan Anda merasa pusing.

2. Nyeri di tubuh bagian atas

Serangan jantung juga seringkali memberikan gejala awal seperti rasa nyeri atau pegal pada tubuh bagian atas. Beberapa bagian tubuh yang sering terimbas adalah punggung, bahu, lengan, dan leher. Waspadai bila nyeri tersebut terjadi secara tiba-tiba.

3. Kelelahan
Penyakit jantung sering membuat penderitanya merasa kelelahan meski sudah tidur dengan cukup di malam hari. Lebih dari separuh wanita merasa sangat kelelahan lebih dari sebulan sebelum mengalami serangan jantung.

4. Berkeringat

Mengeluarkan keringat dingin atau berkeringat secara berlebihan juga patut dicurigai sebagai gejala awal serangan jantung.

5. Mual
Serangan jantung juga seringkali menyebabkan muntah. Gejala ini lebih sering dialami oleh wanita dibandingkan pria. Jika Anda tiba-tiba mengalami muntah yang tidak disebabkan oleh masalah makanan, Anda patut waspada.

6. Napas pendek
Jika Anda merasa terengah-engah padahal tidak melakukan aktivitas yang berat, Anda sebaiknya mulai waspada. Bila hal tersebut berlangsung lama, segera kunjungi dokter untuk mendapatkan diagnosis yang pasti.

Ada baiknya jika sering mengalami 6 hal diatas, Anda disarankan untuk mencegahnya dengan menggunakan kalung kesehatan Al Muslim yang terbuat dari batu giok hitam dari Korea.

Pahami 5 Makanan Sehat untuk Menambah Tenaga Saat Hamil

Wanita hamil harus makan makanan sehat dan terbaik karena mereka menjadi sumber utama gizi untuk bayi yang sedang dikandung. Lantas, apa saja makanan sehat yang dapat dikonsumsi para wanita hamil?

Konsumsi makanan dengan gizi seimbang yang sehat untuk ibu hamil sangat bermanfaat. Ini bukan hanya untuk menghadapi semua rasa stres, masalah kehamilan, menambah tenaga, tetapi juga meningkatkan pertumbuhan bayi mereka.

Berikut adalah beberapa makanan super untuk para wanita hamil yang dapat dikonsumsi.

1. Brokoli

Wanita hamil harus konsumsi brokoli dalam diet harian mereka seperti dikemas dengan jumlah yang cukup kalsium, mangan dan kalium. Ini akan memberikan kontribusi terhadap perkembangan tulang kuat pada janin.

2. Sayuran berdaun hijau

Ibu hamil harus mengkonsumsi banyak sayuran berdaun hijau, terutama bayam karena menjadi sumber yang kaya asam folat atau folat. Asam folat adalah nutrisi penting bagi bayi yang belum lahir.

3. Tahu

Menjadi sumber yang kaya kalsium, besi, mangan vitamin A dan K dan asam folat, tahu bisa menjadi makanan yang baik untuk seorang ibu hamil.

4. Buah-buahan

Perempuan harus banyak konsumsi buah-buahan sehari-hari selama kehamilan mereka. Semua ibu hamil harus mengkonsumsi buah-buahan yang berisi jumlah yang kaya antioksidan, dan Vitamin C. Misalnya buah melon, stroberi, anggur dan jeruk. Apel juga untuk membantu meredakan sembelit.

5. Telur

Menjadi sumber terbaik protein pertama, rendah kalori dan dikemas dengan kualitas tinggi asam lemak omega-3.

Telur juga merupakan sumber yang baik dari folic acid, choline dan besi dan membantu untuk menjaga membran amniotik kuat dan mencegah cacat lahir pada janin.

Untuk menambah tenaga saat masa kehamilan selain dengan makanan yang sehat bisa juga dengan menggunakan kalung kesehatan yang bernama Al Muslim, yang bisa dipesan di bit.ly/kalungalmuslim. 

Pahami 7 Kebiasaan yang Memperburuk Keputihan

Keputihan merupakan salah satu keluhan yang wajar di alami oleh sebagian besar wanita. Menurut jenisnya, keputihan terbagi atas dua jenis. yaitu keputihan normal dan keputihan abnormal. Keputihan yang normal memiliki ciri-ciri berwarna bening mendekati warna putih, tidak gatal, tidak bau, dan jumlahnya tidak banyak. Jika keputihan yang Anda alami memiliki ciri-ciri yang berlawanan dengan keputihan yang normal, maka hal tersebut berati keputihan Anda sudah bersifat abnormal.

Keputihan yang abnormal ini bisa muncul akibat beberapa kebiasaan buruk yang secara tidak sadar Anda lakukan. Kecerobohan Anda yang tidak merawat organ kewanitaan dengan baik bisa memperparah keputihan Anda sehingga ia berpotensi berubah menjadi keputihan yang bersifat patogen. Oleh karenanya sebaiknya baca ulasan tentang kebiasaan buruk yang bisa memperparah keputihan di bawah ini, agar Anda bisa menghindari keputihan yang Anda alami tidak menjadi keputihan abnormal yang membahayakan.

Berikut kebiasaan buruk yang memperparah keputihan :

1. Menggaruk organ kewanitaan

Salah satu ciri keputihan yang bersifat abnormal adalah terasa gatal di area organ kewanitaan Anda. Ketika sudah timbul gejala demikian, biasanya muncul keinginan untuk menggaruknya agar rasa gatal ini hilang. Hal ini merupakan kebiasaan yang buruk.


Kebiasaan ini justru dapat memperparah keputihan yang anda alami karena dapat memunculkan luka baru yang menyebabkan rasa gatalnya semakin menyebar dan bertambah.

2. Menggunakan bedak untuk menyamarkan bau
Ciri lain dari keputihan yang bersifat abnormal adalah menimbulkan bau yang menyengat. Ketika timbul gejala tersebut, biasanya beberapa wanita akan menggunakan bedak pewangi untuk menyamarkan bau. Hal ini juga merupakan kebiasaan buruk.

Pengalihan bau tersebut hanya bersifat sementara dan selanjutnya justru bisa menimbulkan penyakit karena pemberian bedak merupakan media berkembangnya bakteri jahat yang bisa menyebabkan timbulnya bau tersebut.

3. Terlalu sering menggunakan celana jins ketat
Celana jins memang merupakan trend fashion yang melengkapi penampilan anda. Namun kebiasaan menggunakan celana jins ketat ini justru dapat beresiko organ kewanitaan anda terinfeksi jamur. 


Celana jins yang ketat dapat menghambat aliran udara ke vagina, sehingga dapat menyebabkan peningkatan suhu genital dan kelembapan di area vagina anda. Hal ini menyebabkan jamur mudah berkembang biak di area tersebut sehingga beresiko terinfeksi jamur.

4. Douching
Vagina Anda memiliki kemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri, jadi Anda tidak perlu membersihkan bagian dalamnya. Douching atau menggunakan obat-obatan tertentu untuk membersihkan vagina justru dapat mengubah keseimbangan bakteri baik yang ada di dalam vagina, sehingga jamur akan semakin berkembang dan infeksi jamur pun bisa semakin parah. Cobalah untuk mengatasi keputihan dengan duduk di alat terapi bernama Zeater Healing Mat.

5. Mengenakan celana dalam yang tidak tepat
Jamur berkembang pesat di dalam lingkungan yang hangat dan lembap. Penggunakan celana dalam dari bahan yang tidak tepat yakni dari bahan yang tidak memungkinkan sirkulasi udara untuk bergerak bebas dapat meningkatkan resiko infeksi jamur. 


Oleh karena itu pilihlah celana dalam yang berbahan katun yang memungkinkan sirkulasi udara bergerak bebas dan mencegah kelembapan di area organ kewanitaan Anda.

6. Jarang mengganti celana dalam
Salah satu faktor yang dapat memperparah keputihan anda adalah rasa malas untuk sering mengganti celana dalam Anda. Hal ini dapat menjadikan area organ kewanitaan lembap dan mempercepat perkembangan jamur dan bakteri jahat sehingga menyebabkan keputihan abnormal terjadi. Oleh karena itu gantilah celana dalam Anda setidaknya dua kali dalam sehari.

7. Stress
Faktor psikis seperti stress dapat memperparah keputihan Anda. Oleh karena itu alangkah baiknya jika Anda bersikap tenang dan melakukan refreshing saat Anda sudah mulai merasakan suntuk dan penat untuk memulihkan ketenangan Anda.